Saturday 2 July 2011

PENGOLONGAN ZAT KIMIA

Salah satu tugas laboran adalah menata zat kinia yang ada di laboratotium. Untuk menata zat kimia yang ada din laboratorium, pengetahuan tentang zat kimia sangat penting dan dapat menentukan keberhasilan mengelola laboratorium. Pengetahuan tentang zat kimia yang perlu diketahui adalah sifat-sifatnya, baik sifat fisik maupun sifat kimianya.
Beberapa sifat yang perlu diketahui adalah : wujud, warna, bau, titik nyala (mudah terbakar atau tidak), bersifat racun atau bukan, higroskopis, (dapat menarik air), atau tidak sensitive terhadap cahaya atau tidak, dapat merusak kulit, ubin, kayu, kertas, atau tidak, mudah terurai atau tidak, mudah menguap atau tidak, mudah bereaksi dengan zat tertentu atau tidak, dan sifat-sifat lainnya yang belum disebutkan di atas.
Sebelum anda memelajari zat kimia yangbmempunyai sifat-sifat yang disebut di atas, ada baiknay anda mengenal kelompok zat kimia yang diperdagangkan.
Zat kimia yang diperdagangkan menurut penggunaannya dikelompokan menjadi 6 kelompok, yaitu sebagai berikut .
1.      Peagens                  : zat kimia yang digunakan di labolatorium sekolah/universitas.
2.      Farmaseutika          : zat kimia untuk obat-obatan.
3.      Zat diagnotis          : zat kimia untuk keperluan diagnosis yan digunakan dalam bidang kedokteran.
4.      Agrochemicals        : zat yang digunakan dalam bidang pertanian.
5.      Zat warna (dyes)    : zat kimia yag digunakan untuk warna yang digunakan sebagai bahan celup dalam bidamg industri tekstil.
6.      Pigment                  : zat kimia yamh digunakan untuk pembuatan cat.

Zat-zat kimia yang ada di sekolah termasuk kelompok reagens. Zat kimia ini dari berbagai negaradan dibuat oleh banyak pabrik, misalnya pabrik E. Merck, darmstan, Jerman. Bahkan kimia yang dipergunakan memiliki tingkat kemurnian yang berbeda-beda dan harganya pun berbeda pula.
Umumnya tingkat kemurnian zat yang diperdagangkan dapat dibedakan ke dalam tiga kelompok, yaitu sebagai berikut :
  1. Pro Analyse (PA) atau Geranteed Reagent (GR) atau Analar (AR). Zat kimia yang termasuk kelompok ini mempunyai kemurnian yang tinggi (99%). Label pada wadah zat kimia mencantumkan kadar kemurnian zat itu dan kotoran-kotoran yangdikandungnya. Zat kimia yang termasuk kelompok ini digunakan dalam labolatorium analitik. Zat kimia PA/GR/AR harganya sangat mahal.
  2. Chemical Pure (CP), General Purpose Reagents (GPRS). Zat kimia yang termasuk kelompok ini mempunyai kemurnian yang lebih rendah (90%-95%). Pada label wadah zat kimia ini tidak selalu dicantumkan kemurnian dan kadar maksimum kotoran yang terdapat di dalamnya.
  3. Kemurnian Teknik (Technical Grade). Zat kimia yang termasuk kelompok ini mempunyai kemurnian yang paling rendah. Pada label wadah zat kimia ini tidak tercantum jenis kotoran yang terdapat di dalam zat ini.

No comments:

Post a Comment