Wednesday 23 March 2011

Cara Menentukan Kepolaran pada Senyawa Kovalen

 1. Berdasarkan Sifat Elektronegativitas



Molekul kovalen diatomik yang terbentuk dari atom-atom yang berbeda, setiap atomnya mempunyai daya tarik terhadap elektron juga tidak sama sehinga kedudukan pasangan elektron akan bergeser ke arah atom yang lebih elektronegatif. Misalnya, pada molekul HCl, atom klor mempunyai kemampuan menarik elektron lebih kuat dibandingkan dengan atom hidrogen. Jadi kedudukan pasangan elektron yang digunakan berikatan lebih mendekati atom klor, sehingga terjadi pemisahan muatan dan terbentuk dipol (dwikutub). Akibatnya, atom Cl lebih bermuatan negatif (polar negatif, d- ) dan kelebihan muatan positif ada pada atom H (polar positif, d+). Molekul-molekul seperti HCl ini disebut molekul polar, sedang molekul kovalen diatomik yang terbentuk dari atom yang sama seperti H2 merupakan molekul nonpolar.
Untuk mengetahui besarnya kepolaran pada suatu senyawa digunakan perbedaan elektronegativitas atau momen dipol. Semakin besar harga momen dipol, semakin polar senyawa yang bersangkutan atau mendekati ke sifat ionik. Pada senyawa non-polar mempunyai momen dipol nol. Momen Dipol adalah hasil kali muatan dengan jarak antara kedua muatan tersebut.

Dengan:      μ = momen dipol dalam satuan Debye
                        q = muatan dalam satuan s. e. s (satuan elektrostatis)
                        d = jarak dalam satuan  (angstrom)

Berikut Ini Tabel Momen dipol beberapa senyawa
Tabel VIII.1 Tabel Momen dipol beberapa senyawa
Molekul
Momen Dipol
H2
CO2
NO
HI
ClF
HBr
HCl
HF
0
0,112
0,159
0,448
0,888
0,828
1,109
1,827

2.  Kesimetrisan dari bentuk molekul
Mari kita perhatikan molekul CCl4, yang mempunyai bentuk molekul tetrahedaral dengan atom C sebagai pusat dan atom-atom Cl pada sudut-sudutnya. Sekalipun ikatan C – Cl bersifat polar, tapi karena struktur molekul tersebut simetris maka momen dipol yang terjadi saling meniadakan dan bersifat non-polar. Apabila salah satu atom Cl diganti oleh atom lain misalnya H, bentuk molekulnya menjadi asimetri maka diperoleh molekul yang bersifat polar.
Pada molekul CO2, atom O lebih elektronegatif daripada atom C, sehingga elektron akan lebih mendekat ke atom O. Akan tetapi, karena momen dipol ke arah kedua atom oksigen ini berlawanan maka akan saling meniadakan sehingga bentuk molekulnya simetris akibatnya molekul CO2 bersifat non-polar dengan bentuk molekul linier. Pada molekul H2O, kedua momen dipol tidak saling meniadakan karena molekul ini mempunyai bentuk V atau asimetri dengan sudut 1050, sehingga H2O merupakan molekul yang polar

0 comments:

 
Design by FreeWordpress Themes | Bloggerized by Lashanta - Premium Blogger Themes | Ilo Kimia Wk, SMA TN 35