Thursday 21 April 2011

LPG dan LNG



Gas alam dapat diperoleh secara terpisah maupun bersama-sama dengan minyak bumi. Gas alam yang diperoleh dari proses pengolahan minyak bumi disebut dengan LPG, sedangkan yang diperoleh terpisah dari minyak bumi disebut dengan LNG. Gas alam sebagian besar terdiri dari alkana berantai karbon rendah yaitu antara lain metana, etana, propana, butana dan iso-butana. Gas alam dapat dipergunakan sebagai:
1.   Bahan bakar rumah tangga atau pabrik
Gas alam merupakan bahan bakar yang paling bersih dan praktis, tetapi gas alam mempunyai kelemahan yaitu sifatnya yang tidak berbau (apabila dibandingkan dengan gas yang berasal dari batubara) akibatnya sering terjadi kecelakaan karena kebocoran pada gas. Untuk menghidari kecelakaan maka ada gas yang diberi "bau" yaitu sedikit zat yang berbau sekali.
LNG atau LPG  pada perusahaan pada umumya digunakan untuk  digunakan untuk mengelas paduan-paduan logam tembaga, alumunium dan magnesium, mengelas besi tuang, menyolder dan mengelas solder, bahan bakar pesawat terbang.
Sedangkan pada rumah tangga LNG dan LPG pada umumnya digunakan untuk pemanas ruangan, penerangan, dan dalam rumah tangga.

0 comments:

 
Design by FreeWordpress Themes | Bloggerized by Lashanta - Premium Blogger Themes | Ilo Kimia Wk, SMA TN 35