Thursday 21 April 2011

Minyakp elumas dan Aspal



Minyak pelumas atau minyak oli merupakan fraksi  minyak bumi dengan rantai hidrokarbon C18 – C20, Minyak pelumas pada umumnya digunakan untuk mencegah karat dan mengurasi gesekan pada mesin.

Aspal ialah fraksi minyak bumi dengan rantai  hidrokarbon C lebih dari 40 yang mempunyai sifat melekat (adhesive), berwarna hitam kecoklatan, tahan terhadap air, dan visoelastis. Aspal sering juga disebut bitumen merupakan bahan pengikat pada campuran beraspal yang dimanfaatkan sebagai lapis permukaan lapis perkerasan lentur. Aspal berasal dari aspal alam (aspal buton} atau aspal minyak (aspal yang berasal dari minyak bumi). Berdasarkan konsistensinya, aspal dapat diklasifikasikan menjadi aspal padat, dan aspal cair.
Kandungan utama dari aspal adalah senyawa karbon jenuh dan tak jenuh, alifatik, dan aromatik yang mempunyai atom karbon sampai 150 per molekulnya. Selain atom C dan H aspal juga mengandung atom nitogen, oksigen, belerang, dan beberapa atom lain. Secara kuantitatif biasanya 80 % massa aspal adalah karbon 10 % atom hidrogen, 6 % atom belerang sedangkan sisanya adalah oksigen dan nitrogen.Aspal pada umumnya digunakan untuk melapisi jalan.

0 comments:

 
Design by FreeWordpress Themes | Bloggerized by Lashanta - Premium Blogger Themes | Ilo Kimia Wk, SMA TN 35