Selasa, 22 Maret 2011

Ikatan ion

Ikatan ion (ikatan elektrokovalen) adalah jenis ikatan kimia yang dapat terbentuk antara ion-ion logam dengan non-logam (atau ion poliatomik seperti amonium) melalui gaya tarik-menarik elektrostatik. Dengan kata lain, ikatan ion terbentuk dari gaya tarik-menarik antara dua ion yang berbeda muatan
Sebagai contoh pada pembentukan senyawa LiF :
Li dengan konfigurasi elektron 2  1 maka akan stabil   ingin stabil dengan melepaskan 1 elektron  elektron membentuk Li+ Elektron yang dilepas oleh logam Li  ditangkap atom F dengan konfigurasi 2  7 .  Agar stabil atom F membutuhkan 1 elektron membentuk F-, sehingga 1 atom F membutuhkan 1 atom Li. Pembentukan senyawa LiF dapat digambarkan berikut ini :




Contoh lain yang dalam kehidupan sehari – hari adalah garam dapur yang disebut Natrium Klorida, NaCl merupakan contoh yang mudah untuk memahami terjadinya ikatan ion. Disini terjadi pelepasan dan penangkapan elektron, yaitu atom Natrium melepaskan sebuah elektron valensinya sehingga terjadi ion natrium, Na+ dan elektron ini ditangkap oleh atom Klor sehingga terjadi ion klorida, Cl- .
Na (2, 8, 1)             →       Na+ (2, 8)    + e
Cl (2, 8, 7)   +   e    →       Cl- (2, 8, 8)
Selanjutnya ion klorida dan ion natrium saling tarik menarik dengan gaya elektrostatis sehingga terjadi ikatan ion. Terbentuklah Natrium Klorida,

Senyawa Ion
Senyawa ion terbentuk dari atom-atom yang berikatan secara ionik. Pada umumnya senyawa ion tersusun dari atom-atom unsur logam dan non logam. Hal ini berkaitan dengan kecenderungan atom yang berasal dari unsur logam untuk melepas elektron sehingga daat membentuk ion positif, sedangkan kecenderungan atom yang berasal dari non logam akan menangkap elektron. Akibatnya atom tersebut akan mempunyai muatan negatif. Selain itu pada umumnya senyawa ion memiliki bentuk kristal pada suhu kamar.
 

  Sifat-Sifat Senyawa ion
1.      Titik didih
Garam dapur, NaCl adalah senyawa ionik yang meleleh pada suhu 801 0C dan mendidih pada suhu 1470 0C. NaCl mempunyai titik didih tinggi karena mengandung ikatan ion yang sangat kuat, sehingga untuk memutuskan ikatan tersebut dibutuhkan panas yang sangat besar. Berikut ini tabel titik didih senyawa ion Klorida
 Titik didih senyawa klorida

2.      Daya hantar Listrik
Senyawa  ion dalam keadaan padatan tidak dapat menghantar arus listrik, tetapi bila padatan ionik dipanaskan sampai suhu yang tinggi sehingga diperoleh lelehannya maka dapat menghantar arus listrik.Senyawa ionik yang dilarutkan ke dalam air juga dapat menghantar arus listrik. Dalam bentuk lelehan dan larutan senyawa ion dapat menghantarkan arus listrik karena pada keadaan lelehan atau larutan ion - ionnya dapat bergerak dengan bebas.
Sebagai contoh senyawa ion adalah NaCl, jika dalam keadaan kristal sudah sebagai ion-ion, tetapi ion-ion itu terikat satu sama lain dengan rapat dan kuat, sehingga tidak bebas bergerak. Jadi dalam keadaan kristal (padatan) senyawa ion tidak dapat menghantarkan listrik, tetapi jika garam yang berikatan ion tersebut dalam keadaan lelehan, maka ion-ionnya akan bergerak bebas, sehingga dapat menghantarkan listrik.
Pada saat senyawa NaCl dilarutkan dalam air, ion-ion yang tersusun rapat dan terikat akan tertarik oleh molekul-molekul air dan air akan mengikat ion-ion tersebut, atom H pada H2O akan mengikat Cl- sedangkan atom O pada H2O akan mengikat ion Na+ (proses hidrasi), yang akhirnya akan terlepas satu sama lain dan bergerak bebas dalam larutan, sehingga dapat menghantarkan arus listrik.
                                                 NaCl (s) + air --->Na+(aq) + Cl-(aq)

 
Pada gambar diatas tampak bahwa  dalam bentuk padatan senyawa ion tidak dapat menghantarkan arus listrik (a) dalam bentuk lelehannya dapat menhantarkan arus listrik (b), begitu pula dalam bentuk larutannya senyawa ion dapat menghantarkan arus listrik (c).
3      Kelarutan
Pada umumnya senyawa ion  dapat larut dalam air dan tidak larut pada pelarut organik. Misalnya, Natrium Klorida yang banyak diperoleh dalam air laut.  Natrium Klorida ini apabila dilarutkan ke dalam air akan membentuk ion Natrium dan  dan ion Klorida, berikut ini gambar proses pelarutan kristal NaCl pada air :










0 komentar:

 
Design by FreeWordpress Themes | Bloggerized by Lashanta - Premium Blogger Themes | Ilo Kimia Wk, SMA TN 35